PT Astrindo Starvision di dirikan pada tahun 2006, yang berlokasi di Ruko Mangga Dua Square Blok G no 23. Perusahaan ini merupakan distributor yang bergerak di bidang Teknologi Informasi (IT). Penulis melakukan kegiatan praktik magang selama dua bulan di PT Astrindo Starvision dan di tempatkan sebagai telemarketing. Dalam kegiatan penjualannya PT Astrindo Starvision menggunakan direct merketing yang salah satunya ialah telemarketing, dimana telemarketing merupakan salah satu metode atau cara menjalankan bisnis yang biayanya relatif rendah namun sangat efisien. PT Astrindo Starvision menggunakan inbound telemarketing dan outbound telemarketing. Inbound telemarketing ialah menerima telepon dari pelanggan, sedangkan outbound telemarketing ialah menghubungi calon pelanggan atau pelanggan. Dalam pengamatan selama praktik magang penulis menemukan beberapa masalah, tidak mudah bagi seorang telemarketer menawarkan produk atau jasa, keahlian dalam berkomunikaasi sangat berperan penting dalam telemarketing. Karena tidak mudah untuk mendapatkan respon yang baik pada saat berkomunikasi tanpa tatap muka. Selain itu , mengenai waktu apabila telemarketer menghubungi pada saat tidak tepat. Seorang telemarketer juga harus menguasai pengetahuan akan produk yang di tawarkan. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan beberapa saran sehubungan dengan masalah-masalah yang ditemui dalam proses magang tersebut. |