Semakin maraknya pembangunan pusat perbelanjaan atau mall didukung dengan adanya perubahan perilaku dari masyarakat. Masyarakat yang tadinya hidup sederhana menjadi masyarakat yang memiliki gaya hidup konsumerisme, yaitu masyarakat yang suka berbelanja. Hal ini mengakibatkan perusahaan dalam mengembangkan suatu usaha pusat perbelanjaan atau mall harus bisa mengerti apa keinginan, sikap atau perilaku dari pengunjung. Melihat dari keinginan, sikap atau perilaku pengunjung, apakah pengunjung berbelanja karena sudah merencanakannya atau mereka berbelanja karena mengikuti emosi yang ada di dalam diri mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh hedonic value dan utilitarian value terhadap approach behavior pengunjung Pacific Place Mall. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Pacific Place Mall. Sampel yang digunakan sebanyak 150 orang yang dipilih menggunakan Simple Random Sampling. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.51. Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa variabel hedonic value dan utilitarian value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap approach behavior pengunjung Pacific Place Mall Jakarta. |