PT. Djarum merupakan perusahan rokok kretek terkemuka di Indonesia dan merupakan merek yang terkenal di Indonesia. PT. Djarum berhasil menguasai pangsa pasar industri rokok kretek terbesar ke tiga di Indonesia. Untuk itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai sponsorship event yang dilakukan oleh PT. Djarum khususnya pada event olahraga sepakbola yang dinamakan Djarum Indonesia Super Liga. Pada variabel sponsorship event ada tiga dimensi yang akan diteliti, yaitu target audience reach, compatibility with the company’s or brand positioning dan message capacity. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Responden sebanyak 98 responden yang dipilih dari 3 Stadion yang ada di wilayah Jakarta Selatan, yaitu Stadion Soemantri Brojonegoro, Stadion Gelora Bung Karno, dan Stadion Lebak Bulus. Data dianalisis dengan metode uji korelasi dan uji regresi berganda untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh simultan sponsorship Djarum pada event sepakbola ISL terhadap minat beli pada produk Djarum Super, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel target audience reach, compatilibity with the company’s, dan message capacity berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada produk Djarum Super. |