Jumlah pengunjung yang terus meningkat dari tahun ke tahun menunjukkan suksesnya Ancol dalam menarik pengunjung. Banyak hal yang mendorong dan menarik pengunjung untuk kembali mengunjungi Ancol. Dalam penelitian ini lebih menitikberatkan pada loyalitas pengunjung. Kesetiaan pengunjung merupakan keuntungan yang tidak terlihat bagi perusahaan. Konsumen akan berupaya membela produk dan secara sukarela akan selalu berusaha merekomendasikan kepada orang lain sehingga secara otomatis word of mouth akan bekerja. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan antara tanggal 13 Maret 2011 hingga 22 Maret 2011 kepada 100 pengunjung Ancol, di Pantai Festival Ancol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Convenience sampling. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan mean score dan perangkat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa attitudinal loyalty pengunjung Taman Impian Jaya Ancol adalah baik. Lebih lanjut diketahui bahwa terdapat pengaruh satisfaction, attachment, dan pull motivation terhadap attitudinal loyalty. |