Sponsorship telah menjadi alat pemasaran yang efektif karena jangkauannya yang luas. Kegiatan sponsorship yang paling dicari oleh perusahaan adalah menjadi sponsor kegiatan olahraga, khususnya sepakbola. Tiap klub peserta Liga Profesional memiliki sponsornya masing-masing, dan untuk Manchester United, sponsornya adalah Nike, yang telah menjadi sponsor sejak 2002. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand sponsorship yang dilakukan Nike pada klub sepakbola Manchester United terhadap minat beli konsumen akan produk Nike. Kuesioner disebarkan pada 100 orang yang sedang bermain futsal di Global futsal, Providentia, De Futsal, Premier dengan metode convenience sampling. Data yang terkumpul kemudian dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan dianalisis menggunakan analisis mean score, overall mean score dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh brand sponsorship yang dilakukan Nike pada klub sepakbola Manchester United terhadap minat beli produk Nike dan tanggapan responden positif terhadap brand sponsorship Nike tersebut. Rata-rata responden memiliki minat beli yang tinggi terhadap produk Nike setelah mengetahui Nike menjadi sponsor Manchester United. |