Dunia bisnis fashion retail tidak pernah berhenti berkembang, pergerakannya sangat dinamis dan memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu perusahaan semakin dituntut untuk dapat membangun produknya agar bisa diterima oleh konsumen. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, sehingga dapat mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, serta apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, yang merupakan pengguna produk kaus t-shirt T-Lab. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen T-Lab. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang didapatkan kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL 8.54 for windows. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan kepuasan konsumen, terhadap loyalitas konsumen. Serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Dimana para konsumen tersebut merupakan para pengguna produk kaus t-shirt T-Lab. |