Dalam penelitian ini, penulis mengambil topik pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas dengan objek penelitian para consumen maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh secara simultan dari relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan serta pengaruh dari masing-masing variabel relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dari bulan maret 2011 dengan menyebarkan kuesioner kepada 135 responden melalui situs facebook Garuda Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan tingkat alpha 5%. Adapun variabel independent dari relationship marketing yang diteliti meliputi faktor trust, commitment, conflict handling, dan communication, sedangkan variabel dependent yaitu loyalitas. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh dari relationship marketing terhadap loyalitas konsumen Garuda Indonesia. Bila dilihat dari faktor – faktor relationship marketing, faktor trust, conflict handling, dan communication memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas, sedangkan faktor commitment tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas |