Dalam melangsungkan kehidupannya, manusia tidak dapat lepas dari kegiatan makan dan minum yang dapat dipenuhi sendiri dan dapat juga menggunakan jasa pihak lain seperti restoran. Setiap restoran harus mampu memberikan kepuasan bagi para konsumennya agar dapat bersaing dengan restoran lainnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan pemahaman akan faktor – factor kepuasan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada restoran Bale Cipayung dan untuk mengetahui apakah faktor – faktor kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Data dikumpulkan dengan menyebarkan 116 kuesioner di restoran Bale Cipayung dengan metode Random Sampling pada bulan April 2011. Untuk menganalisis data digunakan perhitungan Analisis faktor dan Analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh 7 faktor yang didapatkan dari hasil reduksi dan dari hasil 7 faktor tersebut terdapat 3 faktor dominan yang menentukan kepuasan konsumen terhadap restoran Bale Cipayung dan terdapat 3 faktor kepuasan konsumen yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pada restoran Bale Cipayung. |