Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:29 WIB
Detail
BukuIdentifikasi Karakter Karyawan dalam Menyikapi Perubahan dalam Rangka Penyusunan Program Pengelolaan Perubahan Tugas & Tanggung Jawab Baru Di HSO
Bibliografi
Author: RACHMAWATI, TIKA AYU ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: Managing Change; Perubahan Organisasi; Organizational Readiness; Change-Ready People; Change Efficacy; Management Support; Readiness For Change
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Profesi Psikologi Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Tika Ayu Rachmawati's Master Theses.pdf (560.46KB; 75 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MP-090
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pada tahun 2010, HSO berusaha mengembangkan Sales Office (SO) yang tersebar di berbagai region di seluruh Indonesia dengan menambah satu sub-departemen dalam struktur organisasinya. Adanya perubahan struktur organisasi ini membuat manajemen melakukan analisa jabatan yang kemudian menghasilkan uraian jabatan baru yang cukup berbeda dibanding sebelumnya. Setiap pemegang jabatan di HSO pada akhirnya akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab baru demi tercapainya peningkatan profit dan sales contribution. Keberhasilan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab baru ini bergantung pada kemauan dan kemampuan para pemegang jabatan di HSO untuk melaksanakannya dalam pekerjaan sehari-hari. Kemauan dan kemampuan ini bisa jadi terkait dengan karakter yang dimiliki oleh masing-masing individu dalam menyikapi perubahan, sekaligus juga dapat dipengaruhi oleh persepsinya mengenai perubahan tugas dan tanggung jawab itu sendiri. Untuk itu penelitian ini ingin mengidentifikasi karakter yang dimiliki oleh karyawan HSO dalam menyikapi perubahan, serta bagaimana hal tersebut mewarnai kesiapannya menghadapi perubahan tugas dan tanggung jawab baru yang diterapkan oleh perusahaan dalam upaya menyusun sebuah program pengelolaan perubahan tugas dan tanggung jawab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner yang dikirimkan ke seluruh SO di 10 region seluruh Indonesia. Populasi penelitian ini berjumlah 2350 orang dan dengan menggunakan teknik accidental sampling diperoleh responden penelitian sejumlah 210 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari ketujuh jenis karakteristik yang ada, mayoritas karyawan HSO memiliki karakter Resourcefulness dalam menyikapi perubahan, yang berarti mereka siap menghadapi perubahan bila memiliki resource yang dibutuhkan. Selain itu, mereka menganggap bahwa perubahan tugas dan tanggung jawab memang sesuai dengan kebutuhan mereka, namun dukungan dari manajemen belum dirasakan merata di setiap region. Para karyawan juga belum seluruhnya mengetahui manfaat perubahan tugas dan tanggung jawab ini. Program pengelolaan disusun dan bisa dilaksanakan dengan difokuskan pada region, departemen dan jabatan tertentu sesuai hasil penelitian.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)