Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:30 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi Sistem Pelatihan Di PT Sampoerna PrintPack
Bibliografi
Author:
ARYANTI, KRISTINA
;
Dahesihsari, Rayini
(Advisor)
Topik:
Evaluasi
;
Sistem Pelatihan
;
Strategi Bisnis
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Profesi Psikologi Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2011
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Kristina Aryanti's Master Theses.pdf
(1,010.49KB;
127 download
)
Kristina Aryanti's 1 Master Theses.pdf
(19.44MB;
19 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MP-083
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap sistem pelatihan yang ada di PT. SPP. Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah sistem pelatihan yang telah dilaksanakan telah sesuai dengan kebutuhan serta dapat mendukung tujuan perusahaan. Pelaksanaan evaluasi tersebut dilakukan dengan melaksanakan penelitian applied research dengan pendekatan kualitatif terhadap sembilan orang responden. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara kualitatif dengan teknik pengambilan sampel maximum variation sampling dan analisis data melalui content analysis. Dalam penelitian ini digunakan pula triangulasi terhadap Operation Manager sebagai pimpinan tertinggi perusahaan, para Kabag sebagai user, dan Kabag PGA serta Staf Personalia sebagai pelaksana pelatihan. Evaluasi sistem pelatihan yang menjadi tujuan dari penelitian ini didasarkan atas kesesuaian sistem tersebut dengan strategi bisnis, baik departemen maupun perusahaan secara lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabag telah memiliki dan memahami strategi bisnis untuk departemennya. Strategi bisnis yang dimiliki departemen untuk mencapai tujuan departemen juga telah sesuai dengan strategi bisnis perusahaan. Peran sistem pelatihan juga sesuai dengan strategi bisnis perusahaan dari sudut pandang Kabag, meskipun pihak perusahaan berpendapat bahwa pemberian pelatihan belum disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan serta belum terhubung dengan kinerja, mengingat belum ada implementasi pelatihan dan hasil yang tampak bagi perusahaan. Ditinjau dari sisi waktu pemberian, sistem pelatihan yang diterapkan oleh perusahaan dipandang telah diberikan pada waktu yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan. Dari aspek materi, beberapa Kabag menilainya telah sesuai dengan strategi bisnis, namun ada juga yang tidak setuju karena masih ada kebutuhan departemennya yang belum terakomodir. Dari aspek vendor, Kabag menilainya telah sesuai karena dipilih berdasarkan kompetensi khusus tiap vendor, sementara pihak manajemen perusahaan menganggap bahwa secara ideal terkadang vendor tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dari aspek pelaksana, Kabag semua departemen telah dilibatkan untuk memilih dan mengajukan vendor untuk pelatihan teknis. Ada pula hambatan yang ditemui di lapangan terkait dengan pelaksanaan pelatihan, yaitu mengenai jumlah karyawan yang sangat pas sehingga perlu dilakukan penjadwalan pelatihan dengan seksama, kebutuhan pendamping dan mesin untuk pelaksanaan pelatihan, serta kurangnya kesempatan untuk menerapkan hasil pelatihan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)