PT. XYZ merupakan perusahaan salah satu dari perusahaan manufaktur yang memproduksi barang-barang elektronik. Pada penelitian ini, produk elektronik yang diteliti adalah produk televisi LCD 32’ model A-C. Sebagai salah satu strategi pemasaran untuk produk yang diproduksi, perusahaan menawarkan layanan garansi untuk menjamin semua produk yang dihasilkannya, terutama untuk produk televisi model A-C. Pelayanan garansi yang ditawarkan perusahaan menimbulkan biaya tambahan yang disebabkan karena adanya beberapa tindakan tambahan yang harus dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan pelayanan garansi yang ditawarkan.Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukanlah evaluasi dan estimasi biaya garansi untuk produk televisi model A-C. Dengan menggunakan data kebijakan garansi yang diterapkan oleh perusahaan, dan data klaim mengenai produk televisi model A-C, maka dapat ditentukan komponen-komponen yang memiliki kontribusi terhadap biaya total garansi perusahaan. Setelah penentuan komponen-komponen yang akan diteliti, selanjutnya dapat dilakukan evaluasi dan estimasi penentapan biaya garansi oleh perusahaan untuk televisi model A-C berdasarkan kebijakan perusahaan, juga berdasarkan klaim yang terjadi pada produk tersebut selama masa periode garansi pada kondisi aktual penelitian. Penentuan estimasi biaya dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu distribusi yang dimiliki oleh masing-masing data kerusakan dan perbaikan setiap komponen, kemudian menentukan parameternya sehingga dapat ditentukan nilai rata-rata kerusakan dan nilai rata-rata perbaikan setiap komponen. Selanjutnya ditentukan nilai probabilitas kerusakan untuk masing-masing komponen, sehingga dapat ditentukan estimasi biaya garansi untuk satu unit produk televisi model A-C. Hasil dari estimasi biaya garansi berdasarkan kebijakan perusahaan lebih besar dari hasil estimasi biaya garansi berdasarkan data klaim yang terjadi selama masa periode garansi pada keadaan aktual masa penelitian. Selisih kedua biaya estimasi tersebut adalah sebesar Rp 8048,-/unit. |