Anda belum login :: 26 Nov 2024 10:05 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Pada Siswa Kelas III SD SANTA MARIA Jakarta Pusat
Bibliografi
Author: P, SUSANDARI MARIA ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: metode permainan; hasil belajar; siswa kelas III SD; matematika; SD SANTA MARIA Jakarta Pusat.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Susandari Maria Palentina's Undergraduate Theses.pdf (360.25KB; 53 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-145
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Metode permainan adalah aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Karakteristik permainan yang menyenangkan erat hubungannya dengan dunia anak. Dimana siswa kelas III sekolah dasar termasuk dalam masa anak-anak yang sebagian besar aktivitasnya adalah bermain. Oleh karena itu, permainan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sehingga menciptakan suasana belajar yang serius tapi santai. Metode permainan bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan terlebih untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh setelah mengalami suatu proses pembelajaran. Metode permainan ini dilaksanakan dalam mata pelajaran matematika, yang bertujuan membekali
siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas III SD Santa Maria Jakarta Pusat. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dibantu observer dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang terlihat pada hasil siklus pertama; pre tes (51,96) dan pos tes (96,06). Sedangkan hasil pada siklus kedua; pre tes (75,54) dan pos tes (96,36). Dengan demikian dari hasil kedua siklus tersebut, terdapat peningkatan hasil belajar dalam mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang hendak diberikan antara lain hendaknya guru menyiapkan materi, media, jenis permainan yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga penerapan metode permainan dalam pembelajaran matematika dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)