Anda belum login :: 22 Nov 2024 13:42 WIB
Detail
BukuHOMESCHOOLING sebagai Salah Satu Alternatif Pendidikan Masa Kini
Bibliografi
Author: INESA, MARGARET ; Wanei, Gerda K. (Advisor)
Topik: Alternatif Pendidikan; Homeschooling; Masa Kini
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-144
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Alternatif pendidikan muncul akibat ketidakpuasan para pengguna pendidikan terhadap sistem pendidikan formal-tradisional yang ada. Pada dasarnya bentuk-bentuk alternatif pendidikan memiliki persamaan, yaitu pendekatan yang bersifat individual pada anak sebagai subjek pendidikan. Beberapa bentuk alternatif pendidikan di Indonesia antara lain, pesantren, sekolah alam, sekolah outbond dan homeschooling. Homeschooling adalah proses pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orang tua/keluarga di rumah atau tempat lain, di mana proses belajar mengajar berlangsung dalam suasana yang kondusif dan menyenangkan. Tujuan dari homeschooling ialah mengembangkan setiap potensi anak yang unik secara maksimal.
Masa kini adalah sebuah rentang waktu yang sedang berlangsung pada masa tertentu. Masa kini yang dimaksud dalam penelitian ini merujuk pada era globalisasi yang menuntut penyesuaian-penyesuaian pendidikan dalam mengiringi kemudahan akses informasi dari teknolgi-teknologi yang ada di sekitar anak. Homeschooling memungkinkan anak menggunakan teknologi-teknolgi tersebut sebagai salah satu sumber belajar yang ada di manapun dan kapanpun. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa homescholling merupakan alternatif pendidikan masa kini yang menempatkan anak sebagai subjek.didik.
Anak bebas menentukan apa yang ingin dipelajari dan bagaimana cara mempelajarinya. Berbeda dengan sekolah formal, yang masih terikat pada bentuk kurikulum baku yang mengejar target nilai akademik. Homeschooling memiliki keunggulan dalam kustomisasi kurikulum. Penyesuaian kurikulum ini didasarkan pada karakteristik anak. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian tersebut juga disarankan bagi para pengelola institusi pendidikan agar dapat mengadaptasi model pembelajaran homeschooling di institusinya. Para pengelola juga dapat
memberikan pelatihan atau panduan bagi guru agar mampu menciptakan pembelajaran yang bersifat personal. Saran yang diberikan untuk orang tua, berupa masukan informatif tentang homeschooling sebagai alternatif pendidikan yang memerdekakan anak sehingga potensi dan minat anak dapat berkembang optimal. Sedangkan bagi Prodi dan mahasiswa PGSD, saran yang dapat diberikan adalah rujukan informasi mengenai homeschooling sebagai salah satu konsep pendidikan anak merdeka yang dapat diadaptasi dalam implementasi pada kegiatan belajar-mengajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.234375 second(s)