Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:15 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V C SD TARAKANITA 1 Jakarta
Bibliografi
Author: WAHYANA, ANAKLEUS ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Metode eksperimen; pemahaman konsep; pembelajaran IPA; siswa kelas V SD; SD TARAKANITA 1 Jakarta
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-141
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Keberhasilan siswa secara optimal dalam belajar merupakan tujuan yang akan dicapai oleh setiap guru, sehingga menimbulkan rasa kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi guru maupun bagi siswa. Untuk itu berbagai upaya dilakukan agar tujuan yang direncanakan dapat terwujud. Salah satu upaya tersebut adalah penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran. Peneliti memilih metode eksperimen karena selama ini metode tersebut kurang maksimal dilaksanakan di sekolah kami. Banyak perlombaan IPA
yang diikuti namun sering menuai kegagalan dalam melakukan eksperimen. Hal inilah yang membuat peneliti memilih judul Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA. Pemahaman konsep belajar saat ini mendukung tercapainya keberhasilan pada pembelajaran berikutnya. Pemahaman konsep materi pelajaran secara tidak langsung akan berdampak kepada meningkatnya hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dicapai guru melalui penggunaan metode belajar yang tepat.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDTarakanita 1 Jakarta dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat bersikap ilmiah dalam memecahkan suatu masalah. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 33 orang, 1 orang observer, dan 1 orang peneliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2010-2011. Peneliti merupakan guru yang sekaligus bertindak sebagai wali kelas V C. Pada saat tatap muka guru menggunakan metode eksperimen sesuai dengan konsep belajar yang dibahas bersama antara siswa dan guru. Setelah dilakukan penelitian melalui dua siklus, dengan menerapkan metode eksperimen, diperoleh proses hasil belajar yang berbeda dari sebelumnya. Perbedaan tersebut terlihat pada hasil siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari nilai 74 pada post tes siklus I menjadi 82 pada post tes siklus II. Selain itu siswa juga terlihat lebih antusias, lebih bersemangat, lebih aktif, lebih kreatif, serta lebih berani mengungkapkan pendapatnya. Demikian juga pemahaman siswa terhadap materi ajar lebih mendalam serta pengalaman siswa menjadi lebih luas yang pada akhirnya ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan guru dapat menerapkan penggunaan metode belajar yang tepat sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam pebelajaran di kelas. Guru harus mempersiapkan skenario pembelajaran yang merangsang siswa untuk berpikir dan kreatif dalam belajar, sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan bagi siswa. Penggunaan metode belajar yang tepat dan guru memiliki keterampilan dalam mengelola kelas dengan baik akan meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi ajar yang diberikan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)