Salah satu media komunikasi yang sudah tidak asing adalah handphone, karena handphone adalah salah satu wujud nirkabel yang digunakan sebagai alat bantu dalam berkomunikasi. Baru-baru ini produk BB mampu membuat sebuah trend baru dalam dunia telekomunikasi di Indonesia yang selama ini telah didominasi oleh Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Motorola, dan lainnya. Demam BB begitu cepat mengalir dan merasuki berbagai kalangan meliputi kalangan pelajar, mahasiswa, artis, pelaku bisnis, profesional, eksekutif, pejabat bahkan kepala negara seperti Barack Obama. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti produk BB. Populasi diambil adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliat Pengantar Ekonomi Makro Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Unika Atma Jaya, sejumlah 259 mahasiswa dicuplik 100 mahasiswa. Penulis terlebih dahulu melakukan uji reliabilitas dan validitas untuk menguji butir-butir pertanyaan yang ada dalam sebuah kuesioner. Jumlah responden diambil sebanyak 30 responden. Pengolahan data menggunakan analisis faktor. Faktor-faktor yang terbentuk terlihat dari variabel-variabel dengan korelasi (factor loading) kuat yaitu faktor-faktor perbaikan diri, faktor dorongan psikologis pembelian, faktor pengaruh wiraniaga, faktor kepuasan, faktor presentasi diri. Faktor yang dominan dan terlihat paling kuat (factor loading) di antara faktor yang lain adalah faktor perbaikan diri. |