Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:54 WIB
Detail
BukuMotivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDK SANG TIMUR Tomang
Bibliografi
Author: LIMANDAU, STEFANUS JEFFRY ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Motivasi belajar; Pelajaran IPS; Siswa Kelas IV SD; SDK SANG TIMUR Tomang
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Stefanus Jeffry Limandau's Undergraduate Theses.pdf (271.08KB; 51 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-137
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi didalam belajar adalah suatu dorongan baik dari dalam maupun dari luar individu secara sadar untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada perubahan tingkah laku, yang baru secara menyeluruh. Motivasi dibutuhkan dalam setiap hal, khususnya dalam dunia pendidikan dibutuhkan dalam belajar. Motivasi dapat timbul dari dalam diri seseorang yang disebut dengan motivasi instrinsik, sedangkan motivasi yang berasal dari luar individu disebut dengan motivasi ekstrinsik. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tingkat motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDK Sang Timur Tomang. Mata pelajaran IPS adalah mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang didasarkan pada bahan kajian geografi, ekonomi, sosiologi, tata negara, dan sejarah. Dalam pembelajaran IPS Di kelas IV SD guru hendaknya memberikan pelajaran dengan yang divariasikan dengan berbagai metode. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas IV SD yang kreatif guna memancing kemauan siswa dalam belajar.
Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDK Sang Timur Tomang, yang terdiri dari motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Kelas IV di SDK Sang Timur terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 134 orang siswa -siswi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas IV SDK Sang Timur yang berjumlah 100 orang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas 4B, 4C, dan 4D, sedangkan untuk kelas 4A yang terdiri dari 34 orang diberlakukan sebagai uji coba instrumen, guna mengetahui validitas soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa, tingkat motivasi belajar IPS siswa – siswi SDK Sang Timur berada pada tingkat sedang. hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan tabel tingkat motivasi belajar IPS, terdapat (50%) siswa yang berada pada kategori tinggi, namun apabila dilihat dari perolehan rata – rata skor 90,85 berada pada tingkat sedang. Begitu pula dengan motivasi belajar instrinsik berada pada kategori sedang dengan jumlah (53%) dan ekstrinsik berada pada tingkat kategori sedang dengan jumlah (55%). Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk guru agar dapat memberikan motivasi yang baik kepada siswa, agar siswa dapat mempunyai motivasi yang tinggi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)