Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat, semakin tinggi juga kebutuhan kita untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang sedang menjadi perbincangan umum. Pentingnya informasi disadari oleh beberapa kelompok telah menjadi suatu kebutuhan. Kebutuhan manusia akan informasi inilah yang menjadi peluang bagi media cetak maupun elektronik dalam memasok informasi tepat guna bagi khalayak dalam kemasan yang menarik yang kemudian memiliki nilai jual sehingga menjadi sumber pendapatan dari industri media. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang media massa adalah PT. Prima Infosarana Media (KompasGramedia Group Of Magazines) dengan Majalah InfoKomputer sebagai salah satu pioneer majalah IT di Indonesia. Persaingan majalah bertemakan IT pun semakin ketat sekarang ini, timpromosi pun harus melakukan berbagai kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan special event. Kegiatan promosi ini secara langsung diharapkan akan mempengaruhi awareness (kesadaran) akan merk tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan penyelenggaraan special event dengan brand awaness pada salah satu special event yang diselenggarakan oleh Majalah InfoKomputer, yaitu InfoKomputer Forum yang bertempat di Jakarta Convention Center. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik penelitian kuantitatif. Alat yang digunakan untuk penelitian adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert kepada 65 peserta acara seminar InfoKomputer Forum. Penelitian yang dilakukan menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu, brand awareness peserta berada pada tingkat brand recall, dan kepuasan peserta terhadap acara ini berada pada tingkatan puas. Diketahui juga bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penyelenggaraan special event dengan brand awareness. |