Merek mempunyai peranan yang penting dan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan. Merek yang unggul memiliki ekuitas merek yang kuat dan mampu mengembangkan keberadaan suatu merek dalam persaingan serta dapat menguasai pangsa pasar. Semakin kuat kedudukan ekuitas merek, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengonsumsi produk atau jasa tersebut. Karena itu, pengetahuan tentang elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi merek, dan loyalitas merek, serta pengukuran tiap-tiap elemen sangat diperlukan untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana elemen-elemen ekuitas merek X-Trans shuttle di kalangan pengguna X-Trans shuttle Pondok Indah. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap 100 responden pengguna jasa X-Trans shuttle. Variabel yang diteliti meliputi 4 elemen ekuitas merek. Terhadap data kesadaran merek dan loyalitas merek dilakukan penghitungan dengan tabel distribusi frekuensi, terhadap data asosiasi merek dilakukan uji cochran, untuk persepsi kualitas dengan tabel presentase absolut dari masing-masing atribut, lalu dilanjutkan dengan penggunaan diagram kartesius. Dari hasil penyebaran kuesioner yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kesadaran merek terhadap merek X-Trans shuttle mencapai tingkat top of mind, atribut yang bersasosiasi dengan X-Trans shuttle antara lain adalah armada yang layak, ketepatan waktu, keselamatan dan keamanan penumpang, penyebaran point shuttle, tarif kompetitif dan pelayanan yang baik. Keselamatan dan kenyamanan penumpang (assurance), serta pelayanan baik (emphaty) dianggap sudah berhasil dilaksanakan dengan baik oleh X-Trans shuttle,sehingga keadaan ini harus dipertahankan oleh X-Trans shuttle (maintain), sedangkan armada layak jalan (tangibles), oleh responden dianggap sangat penting tetapi belum terlalu berhasil dilaksanakan oleh X-Trans shuttle, sehingga harus sangat diperhatikan oleh perusahaan karena akan sangat mempengaruhi langsung kepuasan konsumen. Loyalitas pengguna jasa X-Trans shuttle termasuk dalam kategori satisfiedbuyer. |