Ketika konsumen memutuskan untuk menggunakan jasa sebuah salon, tentulah konsumen tersebut pasti akan mempertimbangkan berbagai atribut yang dimiliki oleh sebuah salon, sehingga konsumen merasa yakin akan kualitas jasa yang akan diberikan kepada konsumen tersebut. Atribut – atribut yang dimiliki sebuah salon tentunya juga akan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap sebuah salon, persepsi tersebut juga dapat dipengaruhi oleh teman – teman konsumen, lingkungan tempat tinggal konsumen, gaya hidup, dll. Jika konsumen merasa puas dengan jasa sebuah salon, tentunya akan timbul kecenderungan untuk balik lagi menggunakan jasa salon tersebut. Dan jika konsumen merasa puas dan merasa cocok dengan jasa salon tersebut, maka dengan sendirinya akan membentuk loyalitas dari konsumen. Sehingga, konsumen akan terus menggunakan jasa salon tersebut, ketika akan membutuhkan jasa salon. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada salon Yoppie di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, mean score dan overall mean score. Data diperoleh dari penilaian konsumen salon terhadap karyawan salon, kenyamanan dan kerapihan salon dengan mengisi kuesioner yang telah disediakan dengan menggunakan skala likert yang berguna untuk mengetahui derajat ketidaksetujuan dan kesetujuan pelanggan terhadap pertanyaan yang ada pada kuesioner. Dari hasil analisa data, diperoleh persamaan struktural Y = 13.905 + 0.530 x, dimana R2 =16,6%. Dari persamaan tersebut dapat dikatakan bahwa dengan koefisien regresi sebesar 0.530 maka dengan adanya kualitas pelayanan yang semakin baik di salon Yopie, maka akan semakin tinggi pula tingkat loyalitas konsumen. Sehingga, salon Yopie sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih baik lagi untuk meningkatkan tingkat loyalitas konsumen. |