Mobilitas yang tinggi dan pergerakan teknologi yang cepat membuat perusahaan perlu memandang cara baru untuk dapat menjangkau konsumen dimana dan kapanpun mereka berada. Pemasaran melalui telepon seluler dalam beberapa tahun ini mengalami pertumbuhan yang siginifikan dan membuat praktisi pemasaran memandang media ini sebagai salah satu media yang menjanjikan. Cara yang paling mudah adalah melalui media SMS Komersial. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap SMS Komersial, serta bagaimana hubungan antara sikap konsumen terhadap SMS Komersial, minat konsumen untuk menerima pesan, dan perilaku konsumen setelah menerima SMS Komersial. Metode analisis data yang digunakan ialah model persamaan struktural dengan aplikasi LISREL 8.80. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan path analysis menyimpulkan: (1) terdapat dua faktor yang mempengaruhi sikap, yaitu entertainment dan credibility, (2) hubungan yang signifikan antara sikap konsumen terhadap SMS Komersial, minat untuk menerima pesan, dan perilaku konsumen setelah menerima SMS Komersial. Hal ini membuktikan teori yang digunakan, yakni teori Fishbein. Mayoritas responden tidak menyukai SMS Komersial. Oleh sebab itu, perlu adanya pengkajian kembali faktor-faktor yang mempengaruhi sikap negatif tersebut dan penelitian yang lebih lanjut mengenai cara untuk mengubahnya. |