Pembelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dengan fokus bidang ilmu sosial yang mengajarkan peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pembelajaran IPS di sekolah dasar perlu dilakukan dengan cara yang tepat dan dapat mengembangkan keterampilan siswa untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial mereka. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk memenuhi hal tersebut adalah Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning) dimana pembelajaran dimulai dengan memberikan situasi bermasalah, kemudian siswa mencari permasalahan yang terjadi dan menemukan alternatif pemecahan masalah dengan mengaitkan pengalaman siswa itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dalam mata pelajaran IPS pada siswa Kelas III SD Gamaliel dengan pokok bahasan tentang jenis-jenis pekerjaan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas III SD Gamaliel yang berjumlah 14 orang, peneliti sendiri, dan dibantu oleh guru wali kelas III sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dengan satu kali pertemuan dan mempunyai empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian pada siklus 1 masih bersifat pengenalan pembelajaran dengan cara Problem Based Learning, sedangkan pada siklus 2 lebih difokuskan kepada pemantapan pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Problem Based Learning dapat membuat siswa lebih mandiri baik dalam hal menemukan masalah, meneliti permasalahan, mencari alternatif pemecahan masalah, dan sampai kepada pembuatan hasil karya. Dalam siklus 1 siswa masih mendapat banyak bimbingan dari peneliti, sedangkan dalam siklus 2 siswa hanya membutuhkan sedikit bimbingan dalam mengerjakan tugas-tugasnya di setiap fase Problem Based Learning. Peningkatan keberhasilan siswa dalam pembelajaran ini bisa menjadi kesimpulan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan penerapan materi kepada siswa dalam mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar sebaiknya guru dapat menerapkan Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS pada siswa-siswanya. |