Salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada adalah “Relationship Marketing”, hal ini sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Maka dari itu, penulis merasa perlu untuk meneliti pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan. Untuk mengukur pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan digunakanlah dimensi Trust, Commitment, Communication, dan Conflict handling. Kemudian, pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang memiliki ciri-ciri melakukan pembelian ulang, membeli produk lain dari badan usaha yang sama, merekomendasikan ke orang lain, dan kebal terhadap tawaran dari badan usaha pesaing sejenis. Metode pengumplan data yang digunakan adalah metode convenience sampling. Lalu untuk menganalisis pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty penulis menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat dilihat nilai kinerja keempat variable Relationship Marketing hasilnya baik. Selanjutnya dari hasil penelitian ditemukan bahwa Relationship Marketing yang dilakukan oleh perusahaan memberi pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas pelanggannya. Kemudian seluruh variabel Relationsip Marketing kecuali variabel Trust memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. |