Anda belum login :: 17 Feb 2025 11:06 WIB
Detail
BukuPeningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Belajar Kelompok Terhadap Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDK Sang Timur
Bibliografi
Author: SUDONO, YUNIAR PUTRI PRATAMA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Hasil Belajar Siswa; Metode Belajar Kelompok; Pembelajaran IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-128
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, sikap-sikap, dan kemampuan yang dicapai oleh peserta didik. Hasil belajar bukan sekadar penguasaan suatu hasil latihan melainkan adanya perubahan perilaku tahap demi tahap, baik dalam ranah kognitif, afektif, ataupun psikomotor, yang lambat laun terintegrasi menjadi suatu kepribadian. Seseorang yang telah melakukan proses belajar akan terlihat perubahan dalam salah satu atau beberapa ranah tingkah laku. Metode pembelajaran kelompok dapat didefinisikan sebagai prosedur yang sistematik dan terencana untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di dalam dan melalui kelompok dalam rangka mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan. Ilmu Pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melalui pendekatan pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagi siswa dan kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode belajar kelompok terhadap pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDK Sang Timur. Subjek penelitian adalah guru bidang studi IPS kelas IV dan siswa kelas IV
yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test. Hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui nilai rata-rata post-test siklus I 62,28 dan siklus II 66,95. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar para guru di Indonesia mengembangkan berbagai metode yang variatif khususnya pada pembelajaran IPS sehingga siswa tidak mengalami penurunan hasil belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)