Penelitian ini mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan/konsumen dalam kegiatan after sales service. Hal ini dapat membantu didalam memahami faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. After sales service merupakan bagian dari customer relationship management (CRM) membantu untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Data didapat dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang menjadi pelanggan dari perusahaan yang diteliti. Maka dari itu data yang didapat peneliti dapat mempresentasikan penelitian ini sehingga dapat memberikan manfaat kepada industri yang bersangkutan maupun sebagai bahan pembelajaran akademis dengan menampilkan ide maupun informasi yang dibutuhkan. Ada tiga tujuan dari riset yaitu : untuk menginvestigasi efek dari delivery kepuasan pelanggan, untuk menginvestigasi efek dari installation barang terhadap kepuasan konsumen, untuk menginvestigasi efek dari warranty barang untuk kepuasan konsumen. Dimana variabel dependennya adalah kepuasan konsumen, sedangkan untuk variabel independennya terdiri dari tiga yaitu delivery, warranty, dan installation. Dapat disimpulkan bahwa ketiga aspek tersebut sangat penting karena dapat berguna dalam bisnis suatu organisasi dalam memberikan kepuasan dan kesenangan bagi konsumennya. Konsumen yang puas dan senang akan memberikan kesan positif terhadap perusahaan dan barangnya sehingga loyal. |