Dewasa ini semakin banyak online shop yang bermunculan, baik yang memiliki website sendiri maupun melalui situs jejaring sosial atau forum jual beli di internet. Online shop merupakan salah satu bentuk dari e-tailing. Dalam kegiatan eceran, pembelian impulsif merupakan fenomena yang sangat penting. Penelitian ini menganalisis hubungan impulse buying tendency (IBT), hedonic consumption tendency (HC), dan fashion involvement (FI) terhadap fashion-oriented impulse buying online (FIB) dengan postive emotion (PE) dan trust (T) sebagai mediator. Responden penelitian merupakan para pelanggan yang pernah melakukan pembelian pada online shop Sprinkles Shoppe periode Mei 2010 sampai Oktober 2010 sejumlah 89 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HC dan FI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan PE dan T ketika berbelanja secara online. Sedangkan IBT tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap PE maupun T. Lebih lanjut, dari hasil analisis jalur yang dilakukan, diketahui bahwa PE dan T hanya memediasi hubungan antara HC dan T. Sedangkan hubungan antara IBT dan FIB tidak dimediasi oleh PE maupun T. |