Persaingan dalam peningkatan produktivitas yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Indonesia dalama rangka memasuki era globalisasi berkaitan erat dengan sumber daya manusianya. Hasil yang lebih baik dapat dicapai apabila para sumber daya manusianya dapat mendukung pencapaian target akhir dari perusahaan / organisasi. Karyawan yang memilki kepuasan kerja biasanya akan memiliki produktivitas yang tinggi. Untuk mencapai kepuasan kerja yang tinggi dan memacu karyawan bekerja lebih produktif lagi maka perusahaan hendaknya memberikan kualitas layanan yang baik kepada karyawannya. Teori kualitas layanan internal menurut Zeithaml dkk. (1991, dikutip dari Siehoyono, 2004) dibagi lagi ke dalam tujuh bagian, meliputi (1) kerjasama; (2) kesesuaian terhadap pekerjaan; (3) kesesuaian terhadap teknologi; (4) kemampuan kontrol diri; (5) pengontrolan sistem pengawasan; (6) konflik peran; (7) ambiguitas peran. Setelah melakukan analisis pada karyawan PT Megindo Tunggal Sejahtera Jakarta, maka dapat dilihat bahwa kualitas layanan internal memiliki pengaruh dan hubungan terhadap kepuasan karyawan PT Megindo Tunggal Sejahtera, Jakarta. |