PT Centra Elasi Risorsis adalah perusahaan penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing) di bidang perbankan seperti telemarketer kartu kredit, data entry, call center, desk collection, dan lain-lain. Selain menyediakan tenaga kerja tersebut, PT Centra Elasi Risorsis juga memberikan pelatihan kepada tenaga kerja yang disalurkan ke perusahaan klien. Bagaimana prosedur Perusahaan merekrut dan melatih tenaga kerja yang akan ditempatkan ke Perusahaan Pengguna Jasa merupakan isu utama yang harus diperhatikan guna menunjang kepuasan dari Perusahaan Pengguna Jasa. Oleh karena itu, penulis merasa perlu melakukan audit manajemen atas perekrutan dan pelatihan yang dilakukan Perusahaan untuk menganalisa efektifitas perekrutan dan pelatihan yang dilakukan. Audit manajemen ini dibatasi hanya pada perekrutan dan pelatihan yang dilakukan untuk divisi telemarketer. Adapun audit manajemen dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan pengecekan dokumen, pengambilan sampel umpan balik dari Perusahaan Pengguna Jasa, dan penyebaran kuesioner. Dari hasil yang didapat, Penulis menyimpulkan bahwa prosedur perekrutan yang dilakukan masih membutuhkan peninjauan ulang dan perlu dilakukan evaluasi terhadap perekrutan yang sudah dilakukan. Sedangkan untuk kegiatan pelatihan, Perusahaan telah memberikan cukup kepuasan bagi para tenaga kerja, namun dari kegiatan pelatihan tersebut masih perlu diupayakan inovasi-inovasi untuk lebih meningkatkan kepuasan kerja para tenaga kerja. |