Sistem kredit semester (SKS) dalam sistem pengelolaan pembelajaran di jenjang pendidikan menengah merupakan terebosan baru dalam pendidikan Indonesia dan belum semua sekolah khususnya menengah atas (SMA) yang menerapkan SKS. Salah satu sekolah di Jakarta yang sudah menerapkan SKS adalah SMAN 78 dan dilaksanakan sejak tahun 2007. Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi penerapan SKS pada SMAN 78 Jakarta. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara kepada wakil kepala sekolah, guru, kuesioner kepada siswa dan guru serta menggunakan internal control questionare dan compliance test. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan KTSP model SKS pada SMAN 78 Jakarta sudah cukup efektif dan efisien. Namun masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki antara lain adanya pedoman yang masih belum sesuai dengan yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, KRS yang masih dilakukan secara manual, kelengkapan fasilitas pendukung yang masih kurang jumlahnya, siswa ada yang tidak mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan kurangnya pelatihan untuk para guru. |