Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan, tidak hanya dari sisi keuangan, tetapi juga sisi non keuangan perusahaan. Dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC), perusahaan dapat mengetahui kinerja perusahaannya secara komprehensif. Penelitian ini dilakukan melalui studi kasus di PT Astra Graphia, Tbk. Berdasarkan data perusahaan tahun 2008 dan 2009. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kinerja pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menghasilkan peningkatan produktivitas karyawan dan retensi karyawan. Peningkatan produktivitas karyawan dan retensi karyawan berdampak terhadap peningkatan kinerja pada perspektif proses bisnis internal. Peningkatan kinerja pada perspektif proses bisnis internal ditunjukkan oleh inovasi, penghargaan dan upaya-upaya perbaikan lainnya yang menghasilkan kepuasan pelanggan, yang ditunjukan oleh adanya retensi dari pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Peningkatan yang terjadi pada ketiga perspektif sebelumnya, membawa dampak positif pada perspektif keuangan yang mengalami peningkatan pada pendapatan, laba setelah pajak, rasio modal terhadap aset dan Return on Assets (ROA). |