Anda belum login :: 24 Nov 2024 02:40 WIB
Detail
ArtikelTeknologi Informasi, Perpustakaan dan Pustakawan Untuk Melestarikan Pengalaman Hidup dalam Profesinya  
Oleh: Vitriana, Novita
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: JKDMM: Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca vol. 24 no. 2 (Jul. 2008), page 47-58.
Topik: Knowledge-based society; konvensional; knowledge enabler; knowledge management
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: KK20.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPerpustakaan adalah lembaga yang menangani manajemen pengetahuan, dimana merupakan hal penting di masa mendatang terutama karena ekonomi masyarakat masa depan adalah masyarakat yang berbasis pengetahuan (knowledge-based society). Pemanfaatan teknologi informasi untuk pengelolaan perpustakaan sudah seharusnya menjadi program yang diprioritaskan untuk pengembangan perpustakaan, karena cara-cara tradisional atau konvensional sudah tidak mampu lagi untuk mengatasi perkembangan-perkembangan yang ada. Teknologi Informasi dalam perpustakaan sudah semestinya didukung oleh komputer multimedia dengan jaringan LAN dan koneksi internet dengan kecepatan akses yang memadai. Pustakawan sebagai salah satu profesi juga dituntut sebagai subyek yang dapat memberdayakan pengetahuan (knowledge enabler) dengan mengeksplorasi konsep manajemen pengetahuan (knowledge management) untuk diterapkan di lingkungan perpustakaan yang dapat dikembangkan dan diimplementasikan sebagai perluasan prakarsa perpustakaan elektronik. Manajemen pengetahuan menjanjikan suatu perubahan yang berfokus pada pengembangan dan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas suatu organisasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)