Setiap perusahaan akan memperhitungkan strategi yang tepat untuk menciptakan produk. Produk tersebut harus mampu menarik minat para konsumen untuk membelinya. Untuk dapat merumuskan strategi yang tepat dalam menciptakan produk tidaklah mudah karena dibutuhkan pemahaman akan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat konsumen berminat untuk membeli produk Yamaha Mio. Data dikumpulkan dengan menyebarkan 139 kuesioner di wilayah Fransiskus Xaverius 1 – 4, Perumahan Harapan Indah, Bekasi dengan metode Random Sampling, pada bulan Juni 2010. Untuk menganalisis data digunakan perhitungan Analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh 8 faktor yang didapatkan dari hasil reduksi dan dari hasil 8 faktor tersebut terdapat 3 faktor dominan yang menentukan minat beli produk Yamaha Mio, yaitu: faktor produk, faktor pelayanan, dan faktor harga. |