Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini ialah desain organisasi dan pengambilan keputusan sebagai bagian dari iklim organisasi yang kurang tepat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman setiap karyawan akan struktur dan sistem pelaporan dalam perusahaan serta kurangnya kebebasan yang didapat oleh setiap karyawan untuk dapat memberi masukan kepada level atas, sehingga mengakibatkan desain organisasi dan pengambilan keputusan tidak memberikan pengaruh terhadap komitmen organisasi, yang diukur melalui dimensinya yaitu komitmen afektif, komitmen berkesinambungan dan komitmen normatif. Oleh karena itu penulis merasa perlu memberikan alternatif agar desain organisasi dan pengambilan keputusan yang ada menjadi lebih baik, sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap komitmen organisasi karyawan. Adapun alternatif yang diberikan untuk meningkatkan desain organisasi dan pengambilan keputusan yang ada yaitu : (1) Perusahaan melakukan feedback atas kinerja manajer langsung atau atasan masing-masing karyawan dari setiap divisi, seperti penyebaran kuesioner untuk menilai kinerja dari manajer dari sudut pandang karyawan. (2) Perusahaan melakukan reminder atau engingat, dengan memasang struktur dan sistem pelaporan diruangan masing-masing karyawan. |