Dewasa ini banyak perusahaan yang mulai menyadari peran penting dari kemasan. Hal ini dikarenakan kemasan menjadi salah satu daya tarik produk. Kemasanlah yang pertama kali berhadapan dengan konsumen untuk mewakili produk perusahaan. Dengan melihat kemasan maka akan timbul persepsi dari konsumen mengenai produk tersebut dan akan mempengaruhi keputusan pembelian. Sehubungan dengan hal diatas, penulis melakukan penelitian mengenai pengaruh elemen kemasan terhadap keputusan pembelian susu. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 130 kuesioner kepada warga perumahan Taman Palem Lestari di Cengkareng dengan metode Convenience Sampling. Kuesioner disebarkan pada tanggal 3 Juli sampai dengan 11 Juli 2010. Setelah data diperoleh, dilakukan perhitungan Mean Score, Overall Mean Score dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa elemen kemasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian susu, sebesar 13,1 %, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Selain itu diketahui pula bahwa elemen kemasan dari produk susu menarik bagi responden dan atribut utama elemen kemasan yang mempengaruhi responden adalah merek yang tertera di kemasan. |