Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:59 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Brand Equity Majalah LARAS Terhadap Purchase Decision Konsumen
Bibliografi
Author: ISWARA, YOGA ; Hamsal, Mohammad (Advisor)
Topik: Analisis; Pengaruh Brand Equity; Majalah LARAS; Purchase Decision Konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-6749
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Tingkat persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk
membedakan diri dari pesaingnya melalui intangible asset yang dimiliki oleh
perusahaan tersebut, yakni brand. Hal ini disebabkan karena setiap produk
haruslah memiliki ciri khas yang membedakannya dengan produk lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
antara komponen pembentuk brand equity yang terdiri dari brand awareness,
brand associations, perceived quality, dan brand loyalty terhadap purchase
decision baik secara simultan maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pembaca Majalah LARAS
yang terdaftar di wilayah Tangerang, di mana penelitian dilakukan di
Gramedia Mal Bintaro Plaza. Penelitian ini dilakukan terhadap 121 pembaca
sebagai sampel penelitian. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan
metode simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif, Analisi Regresi, uji t, uji F dan uji
koefisien determinasi R2. Dalam analisis deskriptif responden
diidentifikasikan menurut beberapa kategori, yaitu jenis kelamin, usia,
pendidikan, dan pekerjaan. dan analisis tersebut memberikan hasil yang
bervariasi terhadap masing-masing kategori. Sementara itu dari analisa
regresi didapatkan persamaan regresi Y = 12,792 + 0,179 X1 + 0,154 X2 –
0,101 X3 + 0,202 X4.
Dari uji t diperoleh nilai t hitung untuk variabel brand awareness
sebesar 2,116, brand association sebesar 2,611, perceived quality sebesar -
1,472, dan brand loyalty sebesar 2,820. Keseluruhan nilai t hitung masingmasing
variabel kecuali variabel perceived quality lebih besar dari t tabel
(1,98) maka dapat disimpulkan bahwa selain variabel perceived quality
terdapat pengaruh yang signifikan antara komponen pembentuk brand equity
secara parsial terhadap purchase decision konsumen pada majalah LARAS.
Pada uji F diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 19,737 atau nilai
probabilitas F hitung 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka pada tingkat keyakinan
tertentu, berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan secara simultan variabel komponen pembentuk
brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived
quality, dan brand loyalty sebagai variabel independen terhadap variabel
dependen yaitu purchase decision. Hasil perhitungan untuk nilai R2 dalam
regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar
0,405. Angka ini menunjukkan bahwa 40,5% variasi variabel purchase
decision dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen (brand
awareness, brand associations, perceived quality dan brand loyalty)
sedangkan sisanya 59,5% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Dengan kata lain, pengaruh brand awareness, brand associations, perceived
quality dan brand loyalty terhadap purchase decision konsumen adalah
sebesar 40,5% dan faktor-faktor lain di luar penelitian ini mempengaruhi
purchase decision konsumen sebesar 59,5%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)