Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan bengkel AHASS 06905 Saudara Jaya Motor dan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen. Variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan terdiri dari dimensi tangibles, reliability, responsiveness, empathy dan assurance, yang merupakan variabel independen dan dinotasikan sebagai variabel X serta loyalitas konsumen yang merupakan variabel dependen dan dinotasikan sebagai variabel Y. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan bengkel AHASS 06905 Saudara Jaya Motor. Adapun sampel yang dipilih adalah konsumen yang sudah berkunjung minimal satu bulan dua kali dan menjadi pelanggan tetap bengkel AHASS Saudara Jaya Motor dan konsumen yang berusia diatas 17 tahun, karena pada usia ini dianggap sudah mempunyai kemampuan untuk memahami kuesioner yang diberikan. Perangkat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama), dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy dalam kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen bengkel AHASS 06905 Saudara Jaya Motor. Secara parsial (terpisah), tiap-tiap dimensi dalam kualitas pelayanan, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen bengkel AHASS 06905 Saudara Jaya Motor. |