Fungsi pembelian merupakan fungsi yang penting di setiap perusahaan karena fungsi ini menyangkut investasi dana yang cukup besar dan menentukan kelangsungan operasi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektifitas dan efisiensi pembelian, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan prosedur pembelian, dan memberikan rekomendasi perbaikan bagi pihak perusahaan. Sebagai objek dari penulisan skripsi ini, penulis memilih PT Smart Tbk, yang bergerak dalam bidang perindustrian minyak kelapa sawit untuk kemudian diolah menjadi bahan setengah jadi sehingga menghasilkan produk yang dipasarkan kepada masyarakat. Penulis menggunakan kerangka yang terdiri dari penilaian tujuan, pengkajian rencana, evaluasi organisasi, dan analisis pengendalian dari fungsi pembelian perusahaan. Dari proses penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa secara umum fungsi pembelian PT Smart Tbk telah dilaksanakan dengan cukup efektif dan efisien. Namun demikian terdapat beberapa kelemahan antara lain; tujuan/ sasaran fungsi pembelian yang tidak dibuat untuk setiap tahunnya, masa kerja karyawan bisa sangat lama dan jarang dilakukan mutasi, serta tidak ada peraturan tertulis dalam perusahaan yang melarang karyawan bagian pembelian menerima hadiah dari para pemasok. |