Anda belum login :: 26 Nov 2024 19:15 WIB
Detail
ArtikelPerilaku Bisnis Modern Tinjuan Pada Etika Bisnis-Tanggung Jawab Sosial  
Oleh: Prawirokusumo, Soeharto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Hukum Bisnis vol. 22 no. 4 (2003), page 81-84.
Topik: Perilaku bisnis modern; etika bisnis; tanggung jawab sosial
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ102.10
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelIdealnya sebuah bisnis, di samping menjunjung tinggi kualitas dan layanan, juga harus memperhatikan aspek moral dan tanggung jawab sosial . Aspek moral banyak dilanggar baik oleh pebisnis maupunoleh pejabat negara. Pada masa lalu, bisnis lebih menekankan pada aspek ekonomi, lebih berorientasi menggeruk keuntungan dan kurang peduli kepada keluhan, kebutuhan, dan kepentingan konsumen. Tekanan lingkungan, pelanggan, sosial, persaingan, dan hukum dengan mudahnya dihindarkan para pengusaha. Kini etika bisnis atau moralitas bisnis telah menjadi mode yang sedang trendi dibicarakan masyarakat, namun masih sebatas itu, belum mewujud dalam praktik bisnis sehari-hari. Masih banyak pelaku usaha yang dengan tidak semena-mena membuat putusan atau bertindak melanggar etika bisnis dari yang sederhana seperti penipuan takaran/timbangan sampai pelanggaran Hak Cipta, Merek Desain dagang di samping pelanggaran UU HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual. Kapankah etika bisnis menjadi bagian yang melekat dari perilaku pebisnis sehingga tidak ada lagi kegiatan bisnis yang melanggar norma sosial dan lingkungan?
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)