Praktik magang merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam tugas akhir jalur non skripsi. Praktik magang diharapkan agar mahasiswa dapat lebih mengerti mengenai teori-teori pemasaran yang telah diterangkan dosen-dosen pemasaran di kelas ataupun buku-buku pendukung dalam mata kuliah pemasaran. Bagi mahasiswa Ekonomi Manajemen yang mengambil konsentrasi pemasaran, praktik magang adalah saat yang tepat untuk melihat kenyataan yang ada pada bidang pemasaran pada tempat kita bekerja, sehingga kita dapat meneliti adanya kesamaan dan ketidaksamaan dalam hal teori dan kenyataannya di perusahaan tempat kita melakukan praktik magang tersebut. Praktik magang yang telah penulis lakukan selama kurang lebih 165 jam di PT Reckitt Benckiser Indonesia tersebut memberikan banyak sekali ilmu pengetahuan yang sengat berarti bagi penulis sebagai mahasiswa jurusan Ekonomi Manajemen Pemasaran. PT Reckitt Benckiser Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi pembersih peralatan rumah tangga, perawatan kesehatan dan perawatan pribadi yang sukses menjalankan bisnisnya secara global, termasuk di Indonesia. PT Reckitt Benckiser Indonesia memiliki cara dalam menjual dan mempromosikan produk-produknya hingga sampai kepada konsumen dengan menggunakan saluran distribusi tidak langsung, dengan bantuan dari distributor yaitu PT RAMA PUTRA. Penjualan menggunakan distribusi tidak langsung produk-produk PT Reckitt Benckiser dapat mengurangi resiko dalam penyimpanan (storing) dan penanganan (handling) di gudang, dengan demikian biaya yang di dikeluarkan perusahaan lebih murah. |