PT Pertamina (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis pengolahan minyak dan gas dengan mutu terbaik, hasil dari kerja keras para tenaga kerja berpengalaman. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan praktik magang ini ialah untuk menerapkan ilmu yang telah Penulis dapatkan di perkuliahan pada saat bekerja di PT Pertamina (Persero) sebagai Marketing Staff. Bentuk pemasaran barang yang digunakan oleh PT Pertamina (Persero) khususnya untuk produk BBM Industri dan Perkapalan adalah metode pemasaran bisnis untuk bisnis (Business-to-Business Marketing). Strategi distribusi pemasaran PT Pertamina (Persero) adalah saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung dengan melalui agen-agen. Kekuatan yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) adalah pengalaman panjang di industry minyak dan gas, fasilitas kilang dan sarana distribusi yang memadai, serta varian produk BBM yang lengkap dan sudah teruji. Adapun kelemahan PT Pertamina (Persero) yang dapat menghambat pertumbuhan perusahaan adalah kurangnya control dari perusahaan atas pendistribusian produk serta kurangnya kapal yang dimiliki secara penuh oleh perusahaan untuk melakukan distribusi BBM kepada pelanggan. Perusahaan memiliki peluang besar untuk mamasarkan berbagai produknya keluar negeri, sekaligus memiliki ancaman dari para pesaing asing yang hendak memasarkan produk serupa di Indonesia. |