PT Mercedes Benz Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, khususnya dalam pasar mobil premium. Perusahaan ini didirikan secara resmi di Indonesia sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) pada tanggal 8 Oktober 1970 dan telah menjadi pemimpin pasar dalam luxury market dengan menguasai pangsa pasar 69%. Dengan keunggulan dalam menciptakan keeksklusifan produk yang ditawarkan, pihak manajemen perusahaan menyadari pentingnya pengelolaan keunggulan yang telah didapat. Perusahaan harus terus melakukan strategi — strategi pemasaran dalam rangka mempertahankan posisi pemimpin pasar. Strategi pemasaran yang dilakukan PT Mercedes Benz Indonesia lebih ditekankan pada pemilihan produk yang berkualitas, baik dan segi interior maupun eksterior Selain pemilihan produk yang berkualitas, PT Mercedes Benz Indonesia menawarkan layanan after sales guna meningkatkan kepuasan konsumen. Dalam strategi penetapan harga, perusahaan menetapkan harga yang tinggi (market skimmimg pricing) serta mengeluarkan program harga promosi seperti: Loss Leaderpricing, dan special event pricing. Dalam melakukan strategi promosi, PT Mercedes Benz Indonesia menggunakan media perikianan secara selektif melalui media cetak dan media elektronik, berupa : majalah otomotif seperti Auto Magazine dan Techno Magazine serta melalui media televisi dalam acara OtoBlitz di Metro TV. Sistem pemasaran distnibusi yang dipakai oleh PT Mercedes Benz Indonesia adalah sistem pemasaran vertikal ( Vertikal Marketing System ). Dalam menjalani kerja sama dengan dealer, perusahaan menggunakan VMS kontrak, berupa koperasi pengecer yaitu pembelian produk oleh anggota yang akan memberikan laba sesuai dengan jumlah pembelian. |