Perusahaan menggunakan berbagai alat promosi untuk mengkomunikasikan produk yang akan dipasarkan kepada target sasaran. Masing – masing alat promosi yang digunakan, saling terintegrasi untuk menyampaikan pesan yang sama. Sponsorship merupakan bentuk promosi utama pada bisnis farmasi, terutama untuk produk obat etikal. Perusahaan mendanai dokter dan praktisi kesehatan sesuai area terapi yang digeluti pada sebuah acara kesehatan berupa seminar, simposium maupun workshop. Komunikasi pemasaran pada bisnis farmasi berbeda dibandingkan dengan bisnis consumer goods lainnya. Perusahaan memerlukan kelompok rujukan sebagai opinion leader kepada calon konsumen. Dokter dan praktisi kesehatan merupakan kelompok rujukan bagi perusahaan farmasi, yang karena ilmu dan pengalaman yang dimiliki dapat melakukan peresepan pada pasien sebagai konsumen. Dua kunci utama yang perlu diperhatikan perusahaan bisnis farmasi adalah cara kerja medical representative dan pembaharuan secara berkala pada data mengenai informasi seputar profil dokter dan praktisi kesehatan. |