Sponsorship telah menjadi sarana komunikasi pemasaran yang efektif karena jangkauannya yang luas. Aktivitas sponsorship yang paling diincar oleh perusahaan adalah menjadi sponsor kegiatan olahraga, khususnya sepakbola, misalnya Piala Dunia atau liga-liga utama Eropa. Tiap klub domestik memiliki sponsornya masing-masing, dan untuk Chelsea, sponsornya adalah Samsung, yang telah menjadi sponsor sejak 2005. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh brand sponsorship yang dilakukan Samsung pada klub sepakbola Chelsea tersebut terhadap minat beli konsumen akan produk Samsung. Kuesioner disebarkan pada 130 mahasiswa aktif Universitas Atma Jaya jurusan Manajemen dengan metode convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh brand sponsorship yang dilakukan Samsung pada klub sepakbola Chelsea terhadap minat beli produk Samsung dan tanggapan responden cukup baik terhadap brand sponsorship Samsung tersebut. Rata-rata responden memiliki minat beli yang cukup tinggi terhadap produk Samsung setelah mengetahui Samsung menjadi sponsor Chelsea. |