Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi merupakan komponen-komponen yang dapat dikendalikan oleh perusahaan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi respon konsumen. Atribut yang melekat pada suatu produk dengan sengaja diperlihatkan atau diinformasikan untuk mendapat atau mempengaruhi konsumen. Sedangkan bagi konsumen, komponen bauran pemasaran yang diberikan oleh perusahaan dapat menjadi stimulus dalam pengambilan keputusan. Jadi dalam hal ini konsumen melihat bauran pemasaran sebagai daya tarik terhadap suatu produk. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh bauran pemasaran sampo Lifebuoy terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel. Setelah itu data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 18.0. Hasil dari penelitian ini seteleh diuji menggunakan analisis regresi berganda diketahui bahwa variabel bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) secara bersama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sampo Lifebuoy. Secara masing-masing terdapat variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel distribusi, sedangkan ketiga variabel lainnya secara masing-masing berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen, serta variabel yang paling berpengaruh adalah variabel produk. |