Fungsi marketing & customer service adalah dua fungsi dalam Perusahaan yang berperan sebagai ujung tombak Perusahaan. Dengan keberadaan fungsi ini, perusahaan dapat melaksanakan kegiatan operaslonalnya dengan baik. Fungsi marketing digunakan sebagai penarik klien, sedangkan fungsi customer service mendukung fungsi marketing pasca transaksi. Objek penelitian skripsi ini adalah PT Buaneka, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang broker asuransi. Perusahaan berkedudukan di Jalan Kuningan Mulia kav. 9C, Gedung Transpacific, Jakarta Selatan, sedangkan cabangnya berlokasi di Surabaya. Dalam memeriksa pengendalian internal Perusahaan, Penulis membagikan kuesioner kepada pihak manajemen untuk diisi sesuai dengan aktualnya. Setelah itu, Penulis melakukan uji ketaatan (compliance test) terhadap prosedur marketing & customer service, apakah sesuai dengan kebijakan Perusahaan atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perusahaan memiliki kebijakan, prosedur, dan pengendalian internal yang cukup baik terhadap fungsi marketing & customer service. Hal ini dapat dilihat dari setiap karyawan bagian marketing & customer service mendapat pengawasan yang baik dari Perusahaan dalam melakukan tugas dan fungsinya masing-masing. Setelah melakukan tugasnya, Direktur Perusahaan akan mengotorisasi output kerja setiap karyawan. Sebagai saran, Perusahaan dapat melakukan pemisahan tugas yang jelas dan merata antar divisi sehingga efektifitas dan efisiensi Perusahaan menjadi lebih baik, menambahkan divisi internal audit, meremajakan sistem komputerisasinya, memperhitungkan jam absensi karyawan, dan memperbaharui sasaran pemasaran Perusahaan setiap tiga bulan sekali. |