Beragamnya jenis motor yang ada pada saat ini membuat konsumen mudah untuk beralih pada motor automatic jenis baru. Untuk menjaga konsumen agar tidak beralih pada merek lainnya dan menjadi pelanggan yang setia maka perlu membangun suatu merek menjadi merek yang kuat dan bernilai (ekuitas merek). Ekuitas merek dapat memperlihatkan kuat atau lemahnya suatu merek dibandingkan dengan merek pesaingnya. Karena hanya produk yang memiliki ekuitas merek yang kuat saja yang dapat mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. Dengan demikian perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang menentukan ekuitas merek dan loyalitas konsumen motor automatic Yamaha New Mio Soul tersebut. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan ekuitas merek dan loyalitas konsumen dilakukan penyebaran kuesioner yang dalam teknik pemilihan sampelnya menggunakan teknik non-probability sampling dengan bantuan program aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis menggunakan over all mean score (OMS) dari indikatorindikator yang terdapat dalam variabel ekuitas merek (X) dan variable loyalitas konsumen (Y), didapatkan X = 3.778 dan Y = 3.715. Nilai ini berada pada interval 3.41 – 4.20, sehingga dapat dikatakan bahwa ekuitas merek dan loyalitas konsumen yang baik. Serta hasil dari perhitungan dapat dilihat p-value < a , yaitu 0.000 < 0.05. Sehingga dapat dilihat adanya pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen. |