Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecocokan antara kebutuhan soft competencies di pasar dunia kerja dengan yang diberikan oleh pihak Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, serta untuk mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap kinerja para tenaga pendidik dalam memberikan bekal soft competencies. Dalam penelitian ini, dilakukan survei terhadap 96 orang mahasiswa jurusan manajemen dengan peminatan manajemen pemasaran yang kemudian diolah menggunakan Skala Likert, serta dilakukan pengumpulan data sekunder melalui iklan lowongan kerja di 8 surat kabar nasional dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) mata kuliah peminatan manajemen pemasaran. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 96 orang mahasiswa, diketahui bahwa rata-rata keseluruhan tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan & ekspektasi mahasiswa sebesar 87.85%. Diketahui pula bahwa soft competencies interpersonal skill muncul di semua SAP mata kuliah yang diteliti, sedangkan soft competencies personal effectiveness tidak ada satu pun yang muncul dalam SAP mata kuliah yang diteliti. |