Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci utama agar suatu produk bisa diterima dan diakui keberadaannya di pasar. Hubungan dengan pelanggan yang harus tetap dijaga ini menimbulkan pertanyaan bagaimana cara untuk memuaskan pelanggan, khususnya dalam masa sekarang ini.Tuntutan dari pelanggan sendiri juga sudah begitu banyak, seiring cepatnya perubahan gaya hidup dan tersedianya berbagai alternatif yang lebih banyak lagi bagi mereka. Ini berarti persaingan akan semakin ketat dan perhatian akan kepuasan pelanggan harus tetap dijaga dan semakin ditingkatkan. Audit Internal atas fungsi customer service sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari fungsi customer service dalam suatu perusahaan. Internal audit atas fungsi customer service pada Bank Merdeka Cabang Ciledug dilakukan dengan metode kuesioner pengendalian intern, wawancara dengan pihak manajemen bank, observasi atas kegiatan sehari-hari dari fungsi customer service, dan survei atas tanggapan nasabah terhadap pelayanan fungsi customer service. Hasil yang diperoleh adalah fakta bahwa sistem pengendalian intern yang ditetapkan oleh perusahaan mampu mendukung kelancaran kegiatan operasional perusahaan, dan layanan jasa yang diberikan mampu mengakomodasi kebutuhan nasabah. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa fungsi customer service di Bank Merdeka telah berjalan dengan cukup baik. |