Kualitas pelayanan yang baik dalam suatu usaha bisnis pembuatan dan penjualan baju (clothing) merupakan salah satu faktor penting guna tercapainya tujuan usaha bisnis, untuk itu dalam suatu usaha bisnis penjualan baju yang selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan clothing sangat mengutamakan kualitas pelayanan kepada konsumen demi tercapainya harapan mereka yang nanatinya akan menjadi suatu kepuasan tersendiri, dimana kepuasan konsumen dapat menopang kemajuan suatu usaha baik sekarang maupun yang akan datang. Penulis melakukan analisis kualitas pelayanan yang di berikan oleh pihak clothing kepada konsumen, dalam proses analisis tersebut, penulis melakukan penyebaran kuesioner dengan jumlah 75 kuesioner yang akan diisi oleh responden yang berada di Institut Tekhnologi Harapan Bangsa (ITHB) Jl. Dipatiukur No.80-84, Bandung dengan metode non-probability sampling dimana tidak semua anggota populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih, dengan spesifikasi convenience sampling. Data yang terkumpul diuji reliabilitas dan validitasnya dengan program SPSS 11.5. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa tingkat kualitas pelayanan atau ServQual yang diberikan oleh usaha bisnis penjualan baju (clothing) “Square Clothing” adalah netral, dengan kata lain biasa-biasa saja, konsumen tidak puas dan juga tidak kecewa. |