Dewasa ini pangsa pasar dari kunjungan internet oleh user di seluruh dunia terhadap sepuluh besar situs video meningkat tajam. Internet berkembang menjadi sebuah media yang penuh dengan interaksi untuk kemudahan user. Masing-masing user memiliki penilaiannya sendiri terhadap website yang dikunjungi, karena itu menjadi penting bagi webmaster untuk mengerti akan sikap konsumen terhadap website mereka. Karena itulah penulis berpendapat bahwa perlu dilakukan analisis terhadap sikap konsumen terhadap video site. Dalam penelitian ini, penulis memilih YouTube sebagai video site yang diteliti. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan 143 kuesioner pada Juni 2009 lewat message di website YouTube, yang kembali dan diolah sebanyak 96 kuesioner (convenience sampling). Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil riset diketahui bahwa bahwa sikap responden terhadap YouTube sangat baik pada atribut fun dan kunjungan kembali ke website, tetapi memiliki sikap yang buruk pada atribut flashy dan kemampuan website untuk menjalin hubungan dengan perusahaan dan sikap responden terhadap website YouTube adalah baik. |