Dalam menghadapi persaingan di industri perbankan, setiap bank harus memiliki keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif ini dapat diraih salah satunya dengan cara memiliki kualitas pelayanan yang baik dan dapat memenuhi tingkat harapan konsumen. Kepuasan nasabah dapat tercapai apabila kualitas pelayanan yang diberikan sesuai atau melebihi dari yang diharapkan konsumen. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui tingkat kualitas pelayanan, tingkat kepuasan konsumen dan pengaruh kualitas terhadap kepuasan konsumen Bank Bukopin. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menjadi nasabah di Bank Bukopin Pusat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, setelah sebelumnya dilakukan pre-test kuesioner kepada 30 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Data yang terkumpul diolah menggunakan SPSS 17. Metode analisis data yang digunakan adalah Mean Score, Overall Mean Score dan regresi Linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan responden setuju menilai tingkat kualitas pelayanan pelayanan Bank Bukopin baik, dan responden menyatakan setuju dan puas terhadap pelayanan yang diberikan Bank Bukopin. Penelitian ini juga menunjukkan atribut-atribut kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen Bank Bukopin Pusat. |